Bantu Korban Gempa dengan Galang Dana

Peduli Kasih Indonesia – Akhir-akhir ini, beberapa kawasan di Indonesia cukup sering dilanda bencana, seperti gempa, hingga menyebabkan banyak korban berjatuhan. Tidak hanya kehilangan nyawa anggota keluarga dan saudara, para korban juga kehilangan harta benda serta tempat tinggal.

Hingga saat ini, sebagian di antara mereka masih berada di tenda-tenda pengungsian. Mereka tidak bisa pulang karena rumah mereka sudah hancur terkena dampak bencana.

Jenis Bantuan yang Dibutuhkan Pengungsi
Ada banyak jenis barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi di tenda-tenda darurat. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bahan Makanan

Bahan makanan menjadi kebutuhan pokok para pengungsi yang berada di tenda-tenda pengungsian. Pasalnya, setiap hari mereka semua membutuhkan makanan, sementara persediaan makanan yang ada harus dibagi dengan banyak pengungsi lainnya. Terkadang, tidak semua pengungsi bisa mendapatkan jatah atau bantuan makanan secara merata.

2. Obat-obatan

Di tenda pengungsian, ada cukup banyak penyakit baru yang muncul. Tidur bersama di satu ruangan dengan banyak orang menyebabkan suatu penyakit mudah menular dari satu orang ke orang yang lain. Untuk itu, diperlukan obat-obatan dan tenaga medis yang memadai di area pengungsian.

3. Air Bersih

Di beberapa tenda darurat, air bersih kerap sulit didapatkan. Sebagian di antara mereka akhirnya terpaksa menggunakan dan minum air dengan yang kurang bersih. Akibatnya, mereka pun terserang berbagai jenis penyakit kulit dan masalah pencernaan.

4. Pakaian

Saat terjadi bencana, sebagian korban tidak sempat menyelamatkan barang-barang yang ada di rumahnya. Bahkan, banyak yang tidak memiliki pakaian bersih. Untuk itu, pakaian, termasuk selimut dan handuk, menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

5. Kelayakan Fasilitas Umum

Toilet yang kotor bisa menjadi sarang penyakit. Untuk itu, para pengungsi membutuhkan toilet bersih agar kesehatan mereka tidak bertambah buruk saat berada di pengungsian.
Selain kelima jenis bantuan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis bantuan yang dibutuhkan oleh para pengungsi korban gempa. Untuk membantu mereka, kamudapat melakukan penggalangan dana melalui aplikasi galang dana korban gempa Kitabisa.

Bantu Korban Gempa dengan Galang Dana

Penggalangan dana bantuan untuk korban gempa melalui Kitabisa dapat kamu lakukan dengan prosedur yang cukup mudah, seperti berikut ini.

Buka Aplikasi Kitabisa
Aplikasi Kitabisa dapat kamu unduh di ponsel melalui Google Play Store atau Apps Store secara gratis. Selain melalui ponsel, kamu juga dapat membukanya melalui situs web Kitabisa.
Pilih Menu “Galang Dana”
Jika ingin melakukan penggalangan dana, kamu dapat login, lalu mengeklik menu “Galang Dana” di aplikasi Kitabisa.
Mengisi Formulir Penggalangan Dana
Kamu perlu mengisi formulir yang berisi informasi seputar jumlah donasi dan target waktu pengumpulan dana. Setelah itu, kamu perlu mengisi deskripsi serta melampirkan foto-foto yang berkaitan dengan kondisi korban bencana yang ingin kamu bantu.
Terbitkan Kampanye Galang Dana
Setelah seluruh formulir dan deskripsi terisi, kamu dapat menerbitkan kampanye galang dana tersebut. Halaman galang dana kamu sudah siap digunakan. Kamu juga dapat menyebarkannya ke seluruh jejaring sosial yang kamu miliki untuk menjaring lebih banyak donatur.
Jika dana sudah terkumpul, kamu dapat segera menyalurkan bantuan tersebut kepada para korban gempa.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi. Kitabisa memudahkan kamu untuk berbagi kepada sesama. Mari bantu mereka yang membutuhkan bantuan!