Rumah Layak untuk Ibu Karniti dan Ibu Karnilam

Ibu Karniti dan Ibu Karnilam, dua janda yang tinggal di sebuah gubuk tanpa sanitasi dan air bersih. Di usia senjanya, mereka mendambakan rumah layak.

Bu Karnilam (70) dan Bu Karniti (60) adalah bibi dan keponakan yang tinggal bersama di sebuah rumah kecil di Kampung Solodengeun, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Banten.

Bu Karnilam sudah lama mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran. Ditambah, kini ia tidak bisa berjalan. Awalnya, pandangan Bu Karnilam buram. Faktor ekonomi membuatnya mengabaikan kondisi itu hingga pendengarannya pun ikut terganggu.

Dua tahun sudah Bu Karnilam tak bisa melihat dan mendengar. Ia hanya mampu berbaring di ruang tamu. Jika ingin buang air kecil, Bu Karnilam harus menyeret badannya sampai depan pintu rumah.

Tak ada sanitasi yang layak di rumah Bu Karnilam dan Bu Karniti. Begitu juga air bersih. Jika ingin mandi dan berwudhu, Bu Karniti harus meminta air di sumur tetangga.

Untuk mengerjakan itu, Bu Karniti harus tertatih-tatih. Sebab, kaki kanannya sakit akibat dislokasi pen. Terkadang jika sudah tak kuat, ia meminta tolong tetangga untuk mengambilkannya.

Sekitar 2 tahun lalu, Bu Karniti melakukan pemasangan pen karena mengalami kecelakaan. Karena faktor ekonomi Bu Karniti tidak melakukan kontrol kembali ke rumah sakit, sehingga pen yang tertanam di kakinya mengalami dislokasi sampai kini.

Bu Karniti harus menahan ngilu saat malam hari atau ketika musim hujan yang dingin. Rumahnya yang hanya beratap asbes dan rumbia, serta berdinding triplek tak mampu memberi kehangatan.

Setiap hujan tiba, Bu Karniti dan Bu Karnilam sering kedinginan karena rumahnya bocor.

***

Pada usia senjanya, mau tak mau mereka harus bertahan di rumah itu. Entah sampai kapan. Harapan memiliki rumah yang hangat dan nyaman, dengan sanitasi dan air bersih seperti jauh dari kenyataan. 

Terlebih, Bu Karniti dan Bu Karnilam tak bisa apa-apa. Dengan kondisinya kini, mereka hanya bisa mengharap kebaikan dari para tetangga.

***

#OrangBaik, mari wujudkan kembali kehidupan yang layak untuk Bu Karniti dan Bu Karnilam. Kita bisa membantu mereka memiliki rumah yang nyaman disertai sanitasi dan air bersih, dengan cara:

  1. Klik “DONASI SEKARANG
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BNI/Mandiri/BCA/BRI/BNI Syariah/Kartu Kredit)
  4. Klik “DONASI” dan ikuti langkah selanjutnya

***

DISCLAIMER:

  1. Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membangun rumah yang layak bagi Bu Karniti dan Karnilam, serta untuk kebutuhan harian mereka.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR) yang fokus membantu meringankan permasalahan sosial dan ekonomi yang dialami masyarakat.
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi MSR a.n. Nur (+628 221 777 1724)