RUMAH PINTAR BOGOR ( PAUD, MADRASAH, PKBM)

Rumah Pintar Bogor

Peduli Kasih Indonesia – Perkenalkan nama saya Mahmud Hasibuan. Saya pendiri Yayasan Rumpun Anak Pesisir, salah satu lembaga kesejahteraan sosial yang membantu anak-anak kurang beruntung tanpa memandang suku, agama, ras, dll.

Saya mengawali kegiatan dengan membuka kelompok belajar untuk anak-anak nelayan miskin di Jakarta utara. Awalnya kami melakukannya tanpa kelas. Belajar mulai dari di kandang ayam, emperan rumah warga, trotoar jalan. Sampai akhirnya kami mempunya ruang kelas multi fungsi dengan fasilitas cukup layak, yang kami beri nama Rumah Pintar Anak Pesisir.

“Pengalaman mengajar di kandang ayam telah membuka hati saya untuk terus berbuat sesuatu untuk anak-anak kurang mampu yang punya semangat belajar tinggi.”

Saat ini, sudah 14 tahun saya bersama tim Rumpun Anak Pesisir mengajar anak-anak di kampung Nelayan Muara Angke, Jakarta Utara. Kami pun berniat keliling Indonesia membantu anak-anak yang kurang beruntung khususnya di bidang pendidikan. Karena karena kami percaya dengan pendidikan yang baik anak-anak kelak akan bisa hidup lebih baik dan menularkan kebaikan dimanapun dia berada.

Untuk lokasi pembangunan rumah kedua, kami memilih lokasi di Kampung Jambu Manis, Desa Sukaraksa (Bogor – Jawa Barat). Di kampung ini banyak warga buta huruf, anak putus sekolah di tingkat dasa, bahkan beberapa anak usia sekolah belum pernah sama sekali masuk sekolah formal.

Awalnya, kami menerima banyak pertentangan dari warga yang masih mempertanyakan pentingnya pendidikan bagi anak mereka. Biasanya, anak-anak diperkerjakan untuk meminta sumbangan dengan alasan pembangunan tempat ibadah. Anak-anak pun jadi sering bolos bahkan berhenti sekolah, karena tergiur dengan imbalan yang diterima dari hasil meminta-minta di jalanan dan pasar.

“Sempat kami di tuduh aliran sesat oleh warga yang merasa terganggu karena kami mengajak anak-anak kembali ke sekolah sehingga jumlah anak-anak yang turun ke jalan berkurang drastis.”

Di sana, hanya ada satu Madrasah Diniyah yang kondisinya kurang layak, dengan satu ruang kelas untuk belajar anak-anak dari berbagai kelas. Mejanya pun bolong di sana-sini. Sejak 2 tahun lalu, kami membuka kelas PAUD untuk anak-anak usia dini dan kelas Paket A, B dan C untuk warga yang ingin mengikuti ujian kesetaraan. Lokasinya pun masih mengontrak di rumah warga.

MANFAAT RUMAH PINTAR YRAP – BOGOR

  • Tempat belajar untuk anak usia dini (PAUD)
  • Tempat belajar untuk anak-anak Madrasah
  • Tempat belajar untuk warga (PKBM)
  • Tempat belajar keterampilan (menjahit,dll) untuk remaja putus sekolah
  • Tempat Musyawarah warga

DETAIL RUANGAN

Kami akan mengadopsi contoh rumah pintar anak pesisir yang sudah dibangun sebelumnya di kampung Nelayan Muara Angke, yakni terdiri dari:

  • Ruang buku
  • Ruang komputer hati

Ruang BUKU : Ruang utama tempat belajar, membaca, menulis, dialog, menonon film edukatif dan pengembangan karya tulis dll

Ruang Buku di Rumah Pintar I

RUANG KOMPUTER : Tempat sarana belajar/pengembangan pendidikan, ketrampilan, pengetahuan tehnologi/ informasi komputer dll

Ruang komputer di Rumah Pintar I

RUANG KREATIF, akan berpungsi sebagai ruang kreatif untuk pentas keterampilan anak-anak dan juga untuk belajar berbagai kreasi yang bernilai ekonomis untuk pemberdayaan warga kampung Jambu Manis

Untuk mewujudkan Rumah Pintar Bogor kami mengajak siapa saja untuk ikut berbagi

Silakan Klik tombol Donasi dan jangan lupa sebarkan linknya yaa Sahabat

Terima Kasih

Yang ingin mendapatkan info lebih lengkap tentang pembangunan Rumah Pintar Bogor ini silahkan menghubungi kami di Hp.081290631736