Bangun Sumur Untuk Masjid Gunung Kidul

Kasih Sayang Indonesia Setelah delapan bulan kemarau yang melanda Gungung Kidul, ratusan Masjid mengalami kekeringan dan tidak memiliki air untuk berwudhu.

وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الْأَرْضِ ۖ وَإِنَّا عَلَىٰ ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ

Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya [QS Al-Mukminun : 18]

Kemarau hebat melanda Gunungkidul selama 8 bulan berturut-turut tanpa putus. Akibatnya, banyak desa yang terdampak kekeringan.

Bahkan, tahun ini kemarau mendera lebih parah dibandingkan tahun lalu, dimana sebaran wilayah kekeringan meningkat. Dari 14 kecamatan di tahun 2018, pada tahun ini mencapai 17 kecamatan mengalami kekeringan dari total 18 kecamatan di Gunungkidul. Hal ini mengakibatkan bertambahnya penyintas bencana kekeringan tahun ini.

Menurut data yang berhasil di himpun, pada tahun ini penyintas kekeringan mencapai 134.000 jiwa yang tersebar di 17 kecamatan di Gunungkidul.

Bahkan ketika tim dropping humanity mobile watertank menyapa penyintas kekeringan di Kecamatan Rongkop Gunungkidul, selama empat bulan kekeringan, mereka belum pernah mendapat bantuan sebelumnya.

Senyum bahagia bercampur haru merekah pada warga Rongkop yang mendapat bantuan dropping air.

Sumur mengering, tanah retak, hasil tani gagal panen, kemiskinan meningkat menjadi dampak dari kekeringan yang terjadi di Gunungkidul.

Selain itu terdapat ratusan masjid yang turut mengalami kehabisan air, bahkan untuk berwudhu jamaah pun tak ada.

Kondisi ini menjadi perhatian bagi Aksi Cepat Tanggap DIY untuk bisa memberikan pelayanan terbaik berupa sumur wakaf yang merupakan program jangka panjang untuk mengurai krisis air bersih di Gunungkidul.

Insyaallah, sumur wakaf dengan kedalaman bor 60-100 meter ini akan menjadi solusi jangka panjang bagi kekurangan air di masjid-masjid di Gunungkidul. Dan tentu saja sumur ini dapat menguatkan Wakaf sebagai energi produktivitas umat.

Sejak 2015 ACT DIY sudah membangun 19 Sumur Wakaf di Gunungkidul yang mayoritas dibangun di tempat ibadah. Masih ada ratusan masjid di Gunungkidul yang masih kekurangan air ketika musim kemarau tiba.

#OrangBaik, mari ikut membantu pembangunan Sumur Wakaf untuk masjid-masjid di Gunungkidul. Harapannya, tidak adalagi masjid yang kekurangan air ketika musim kemarau.

Pada tahap awal ini kami berikhtiar membangun 10 Sumur Wakaf yang dibangun di 10 masjid yang mengalami kekeringan Gunungkidul. Sahabat dapat berdonasi dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

***