Harapan Sembuh untuk Rifky

Kasih Sayang Indonesia Rifky, bocah berusia 13 tahun yang tinggal di Kampung Malang Kulon, Surabaya, Jawa Timur, menderita penyakit Xeroderma pigmentosum sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Xeroderma pigmentosum merupakan penyakit kelainan genetik yang membuat pengidapnya tak bisa terkena sinar matahari sedikit pun.

Jika terkena sinar matahari, sel-sel kulit Rifky menjadi rusak dan muncul bercak hitam asimetris pada bagian kulit yang terbuka seperti wajah, leher, lengan, dan tungkai. Sedangkan pada bagian dada dan perut, bagian yang cenderung terlindung dari sinar matahari, tidak mengalami masalah apapun.

Bercak hitam itu memang tak menimbulkan rasa gatal, namun jika diabaikan dan dibiarkan terkena sinar matahari maka berisiko menjadi kanker kulit yang serius.

Sehari-hari Rifky dibantu kakak dan neneknya untuk membersihkan luka. Untuk menghindari sinar matahari, Rifky menggunakan taksi online untuk berangkat sekolah setiap Senin sampai Sabtu yang dibiayai sekolahnya.

”Kondisi Rifky yang tak bisa terkena sinar matahari membuat kita harus punya cara agar Rifky tetap bisa sekolah dengan nyaman dan tidak menyakitkan,” kata pendiri Home-Santren Kebaikan Surabaya, Gusti Muhammad Hamdan Firmanta.

Melihat kondisi dan kebutuhan penanganan, kumparan berinisiatif menggalang dana untuk membantu Rifky.
Mari bantu Rifky untuk sembuh dengan cara,

Klik “Donasi Sekarang”.
Masukkan nominal donasi.
Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Mandiri/Kartu Kredit).
Jangan lupa sebarkan berita ini agar lebih banyak orang yang mau membantu Rifky untuk sembuh.