BisaBeriAir – Bagikan Air Bersih untuk Indonesia

Peduli Kasih Indonesia – “Hasil dari persawahan kami pun sangat berkurang drastis. Dari yang tadinya dua petak sawah bisa menghasilkan gabah sebanyak 1 ton, saat ini hanya bisa menghasilkan 50 kg gabah kering.


Akhir tahun ini seharusnya sudah mulai masuk musim hujan. Namun persawahan di daerah Kampung Ciomas, Desa Sindangsari, Kabupaten Lebak, Banten masih saja kekurangan air. Sedangkan kehidupan masyarakat sangat mengandalkan dari hasil persawahan, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun ketika ada kegiatan di kampung.


Dari 10 kincir yang dibuat untuk membantu mengalirkan air, hanya tersisa 2 kincir yang masih bisa berfungsi. Itu pun terkendala dengan surutnya debit air sungai Cilaki akibat musim kemarau berkepanjangan.

Seharusnya di akhir tahun ini masyarakat bisa memanen sawah, saat ini hanya bisa termenung karena padi yang mereka tanami mengalami puso karena kekurangan air.

Menurut Pak Rudi, ketua RT di Kampung Ciomas, mesin penyedot air dapat digunakan satu hari penuh untuk mengairi dua petak sawah. Sedangkan luas sawah masyarakat Kampung Ciomas seluas 30 hektar. Dan kondisi sawah sebelum masuk bulan ketiga tidak boleh kekurangan air.

Ada yang menyewakan mesin penyedot air dengan harga 50 ribu per hari, belum termasuk solar. Namun, minimal petani harus mengeluarkan biaya sebesar 100 ribu per 3 hari. Sedangkan mereka hanyalah buruh tani yang pendapatannya tidak menentu. Bahkan jika mereka mendapatkan hasil panen, belum tentu dapat menutupi biaya sewa mesin.

Radit dan teman-temannya selama ini mengandalkan sumur gali sedalam 5 meter untuk air jernih, namun jumlahnya sangat sedikit, sehingga mau tidak mau Radit dan para santri harus menggunakan air kuning itu untuk mandi dan mencuci.

Saat ini, masyarakat Kampung Ciomas tengah bekerja bakti membuat bak penampungan air di tengah sawah agar lebih mudah untuk mendapatkan air. Mereka berduyun-duyun mengumpulkan batu-batuan dari sungai. Namun mereka masih kekurangan bahan seperti semen, batu bata, mesin pompa air dan besi.

Untuk itu, melalui #BisaBeriAir mari kita bantu alirkan air sawah di Ciomas!


Melalui #BisaBeriAir donasimu akan sangat berarti bagi kelangsungan hidup saudara kita di sana. Mari berdonasi dengan cara:

 

  1. Klik “DONASI SEKARANG”
  2. . Masukkan nominal DONASI
  3. Pilih Metode Pembayaran (GO-PAY, Transfer Bank, Virtual Account, Kartu Kredit);