Selamatkan Satu-Satunya Masjid di Toba Samsosir

 

Peduli Kasih Indonesia – 65 Tahun Masjid At-Taqwa Terbengkalai: “Masjid kami seperti pada jaman penjajahan”

Beberapa orang memenuhi kepuasan batin mereka dengan shopping. Beberapa lainnya travelling. Tapi penduduk Dusun Napajulu ‘menghibur diri’ dengan beribadah di bawah atap masjid seng yang sudah berlubang, dengan tiang-tiangnya yang lapuk dimakan zaman.


Namanya Masjid At Taqwa, terletak di Dusun Napajulu, Kec. Nassau, Kab. Toba Samosir, Sumatra Utara. Berdiri sejak 65 tahun lalu, kondisi At Taqwa cukup lama terbengkalai, karena akses jalan ke sana cukup berisiko: jalan tanah yang melewati anak sungai, dengan jurang di kanan-kiri jalan.

Tanpa menghiraukan dinginnya tikar tipis yang membatasi sujud mereka dengan tanah, atau tetesan air hujan dari celah atap seng yang bolong di sana-sini, setiap hari At-Taqwa hangat dengan berbagai aktivitas ibadah: shalat berjamaah, TPA anak-anak bakda magrib, kajian remaja bakda ‘Isya, hingga majelis taklim kaum ibu.


“Kadang terbesit di pikiran jamaah takut tertimpa tiang masjid sehingga mengganggu kekhusukan sholat, namun kecintaan pada masjid ini melebihi rasa takutnya,” papar Kopda Anwar Syafrullah Dongoran, inisiator ikhtiar pembangunan masjid.


Penduduk Napajulu tidak ingin syi’ar Islam meredup dengan kondisi masjid yang rusak. Berbagai ikhtiar mereka lakukan, mulai dari iuran swadaya hingga mengajukan bantuan ke banyak pihak. Sayangnya, patungan 43 KK yang mayoritas petani itu tidak bisa menutup biaya renovasi.

“Kondisi masjid sangat memprihatinkan, seperti masih masa penjajahan. Beralas tanah, tak ada toilet. Tempat wudhu pun terbengkalai dan tanpa atap, sehingga jamaah berwudhu dari rumah, atau menumpang ke rumah terdekat jika mendesak,” tambahnya. .
.

Dengan bantuan seluruh #OrangBaik kami percaya Masjid Madinatul Ilmi akan terwujud. Insya Allah ini akan menjadi amalan jariyah untuk kita semua, Sobat.

Yuk, sobat bantu wujudkan masjid yang kokoh dan nyaman untuk saudara muslim kita di pedalaman Toba Samosir.

1. Klik “DONASI SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran, salah satunya dengan menggunakan “GO-PAY”

4. Klik “DONASI” dan ikuti langkah selanjutnya

5. Sahabat juga bisa menyebarkan kebaikan dengan membagikan cerita ini di Facebook dengan klik “SHARE”