Harus Berjalan 4 Jam untuk Bisa Sholat di Masjid

Peduli Kasih Indonesia – Selama Puluhan tahun, Warga Desa Jalemu Masulan, Kec, Rungan Barat, Kab. Gunung Mas kesulitan beribadah di Masjid.

Di daerah pelosok Kalimantan ini hingga kini masih belum memiliki masjid di daerahnya.

Dari Bandar Udara Tjilik Kriwut ke Desa Jalemu Masulan dengan menggunakan transportasi darat membutuhkan waktu 4,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 177 km dan inilah salah satu akses jalan untuk menuju ke desa tersebut. Sebagian jalan masih beraspal, sebagian rusak parah dan sebagian jalan masih tanah.

Disisi  lain akses jalan menuju Desa Masulan dari simpang tiga jalan lintas provinsi memiliki jarak tempuh sekitar 13 jam yang jalannya masih tanah dan jika hari hujan, kondisinya licin dan belumpur.

Hingga kini warga yang terdata yang tinggal di Desa Jalemu Masulan terdiri dari 29 KK yang berisikan dari agama yang berbeda-beda.

Sekitar 111 jiwa atau sekitar 34% dari jumlah keseluruhan 326 jiwa ini memeluk agama Islam, 45% penduduk memeluk Kristiani dan 21% memeluk agama Hindu.

Untuk anak-anak di Desa Jalemu sendiri, mereka ingin bisa membaca Al-Qur’an sehingga kegiatan belajar mengaji biasanya dilaksanakan di rumah Ustads setempat Karena tidak ada masjid maupun mushola.

Di sisi lain jarak masjid terdekat dari Desa Jalemu Masulan sekitar 5 km.

“Anak-anak begitu semangat belajar Al-Qur’an, namun sayang di desa kita ini belum ada mushola ataupun mesjid untuk 111 muslim yang terletak di desa ini. Setiap hari jumat masyrakat muslim yang terletak di kecamatan jaraknya cukup jauh sekitar 5 km  dan kalau hari hujan jalannya becek dan belumpur sehingga masyarakat terkadang yang tidak punya kendaraan tidak ikut shalat jum’at ke mesjid” Ungkap Bapak Salundik Kepala Desa Jalemu Masulan yang beragama muslim.

Masyarakat muslim di desa tersebut berharap agar bisa beribadah dengan layak dan bisa mendapatkan kemudahan untuk menjalankan kewajibannya.

Khususnya  tidak mengalami kesulitan untuk beribadah dengan harus melewati akses jalan yang masih tanah.

Para Sahabat mari bantu muslim pelosok Kalimantan ini bisa merasakan nikmatnya beribadah di masjid.

  1. Klik “DONASI SEKARANG”
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran melalui via bank BCA,BNI,BRI,MANDIRI atau melalui via GO-PAY.
  4. Klik “DONASI” dan ikuti langkah selanjutnya
  5. Sahabat juga bisa menyebarkan kebaikan dengan membagikan cerita ini di Facebook dengan klik “SHARE”