Ibu Gagal Ginjal Hanya Bisa Makan Nasi & Gorengan

Peduli Kasih Indonesia – Berbulan-Bulan Hanya Makan Nasi & Gorengan Pun Ngutang, Cuci Darah Ibu Yang Gagal Ginjal Kronis Tak Rutin

Dokter

“Ibu, kok saya lihat sering sekali cuci darahnya tidak rutin ya bu. Ibu ini sakit gagal ginjal kronis lho bu. Sama sekali tidak enteng. Kalau ibu ga ada, anak-anak ibu mau bagaimana? Apa tidak kasihan ibu?”

Ibu Maryana

“Yah, dok.. Saya bukannya anggap remeh, tapi kalau kami bisa beli beras saja, kami senangnya bukan main dok.. Saya berbulan-bulan hanya makan nasi & gorengan, itu pun ngutang.. Sekarang anak saya kerja ama tukang gorengannya, biar bisa lunasin hutang..” 

6 bulan sudah ibu Maryana sakit Gagal Ginjal Kronis. Ia dirujuk ke RS di Bandung, membawa anak pertama dan sekantung beras sebagai harta terakhirnya.

Ibu memutuskan meninggalkan anak keduanya di kampung, dengan suaminya. Karena ibu tahu, hidupnya di Bandung akan dipenuhi kesulitan.

“Waktu itu ibu udah semua harta. Kami ke Bandung ke RS rujukan ibu, sambil bawa beras 1kg. Hanya itu untuk bertahan hidup. 

Udah berbulan-bulan ga makan sayur ama daging. Kami bener-bener cuma makan gorengan. Itu pun selalu ngutang, sampai saya bekerja ama tukang gorengannya, biar kebayar.

Tiap cuci darah, kan ibu harus ngemil. Itu pun ibu cuman bisa bawa gula merah batangan, harganya 2.500 pun ngutan ke warung.. Saya ga kuat liat ibu begini..” – Anak bu Maryana

Cuci darah ibu yang wajib 3x seminggu menjadi tak rutin. Pun saat selang mengantakan darah, ibu kerap tak bisa ngemil. Akhirnya, ia ngutang beli gula merah batangan, 2.500 rupiah.

Akhirnya, hutang gorengan mereka menumpuk. Anak pertama ibu memutuskan untuk kerja dengan tukang gorengan tersebut. Agar bisa membayar hutang, dan dapat upah 6.000/hari. 

Saat ini, ibu Maryana selalu dalam bahaya. Sekalinya ia tak cuci darahnya yang kronis, ia akan langsung pingsan & sesak.

Sahabat, dengan menyedekahkan sedikit rejeki kita, bisa segeranya bawa ibu Maryana tak hanya cuci darah rutin, juga biarkan ia & anaknya makan sayu & daging setelah sekian lamanya! Kita bisa bantu dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, Jenius Pay, LinkAja, DANA, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi secara materil, kita juga bisa sambung nyawa bu Maryana dengan membagikan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat! Niscaya, ibu juga bisa kembali bertemu dengan anak & suaminya, yang menunggu di kampung halaman!