DARURAT! Bantu Pengungsi Korban Banjir Masamba

Banjir bandang menerjang Masamba, Kab. Luwu Utara, Prov. Sulawesi Selatan pada Senin (13/7). Dilaporkan hingga (14/7) terdapat 16 korban meninggal dunia, dan puluhan lainnya masih dinyatakan hilang. Lebih dari 200 keluarga harus diungsikan.

Luapan Sungai Masamba dan curah hujan yang tinggi membuat rumah warga terendam air hingga lumpur setinggi 1,5 meter. Selain itu, banjir juga membawa material berupa gelondongan kayu, sampah, dan lumpur setebal paha orang dewasa.

Tangis histeris warga yang minta pertolongan, membuat suasana semakin mencekam. Di daerah Patambua misalnya, salah satu titik terdampak cukup parah dan dilaporkan ada 38 orang yang belum diketahui keberadaannya, sementara di Desa Meli sekitar 200 KK mengungsi ke dataran yang lebih tinggi karena khawatir akan terjadi banjir susulan.

Menurut laporan dari tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang ada dilapangan, kondisi warga saat ini sangat membutuhkan bantuan berupa makanan pokok, pakaian baru, paket hyginie, air bersih, alat rumah
tangga hingga perbaikan rumah yang rusak parah akibat banjir dan timbunan lumpur.

Saat ini, ACT telah mendirikan posko kemanusiaan sebagai pusat informasi dan pengumpulan bantuan untuk warga terdampak yang berlokasi di Jl. Garuda No. 7C (Perumnas), Kec. Bara, Kel. Rampoang, Kab. Luwu Utara.

Mari kita bantu ringankan beban saudara-saudara kita terdampak banjir bandang di Masamba. Sungguh bantuanmu sangat membantu mereka menghadapi cobaan di tengah pandemi Covid.

Salurkan bantuan terbaik Anda dengan cara:

  • Klik “DONASI SEKARANG”
  • Pilih Bank Transfer Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  • Dapat laporan via email

Bantuan dari sahabat akan disalurkan dalam bentuk bantuan darurat seperti makanan siap santap, air minum, obat-obatan, selimut, keperluan bayi dan peralatan sanitasi.

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan bagi para penyintas banjir bandang di Masamba, Kab. Luwu Utara, Prov. Sulawesi Selatan.