Perahu Ambulans untuk Warga Pesisir Pantai

Peduli Kasih Indonesia – Sarana transportasi Kampung Laut yang berada di daerah pesisir Pantai Cilacap, Kab. Cilacap, Jawa Tengah sangat terbatas.

Karena posisinya di kelilingi lautan, transportasi laut menjadi syarat mutlak untuk memenuhi kebutuhan warga, termasuk kesehatan.

Masyarakat Desa Ujung Gagak, salah satu desa di Kampung Laut, sangat mengandalkan perahu guna mengangkut pasien yang membutuhkan tindakan medis lebih intensif di rumah sakit umum Kota Cilacap.

“Kalau kita bawa pasien ke rumah sakit pakai mobil, itu harus menempuh sekitar empat jam. Tapi, kalau pakai perahu, itu sekitar satu jam sudah sampai,” tutur Sisyanto, salah seorang warga.

Warga Desa Ujung Gagak dan desa lainnya yang berada di Kampung Laut belum ada yang memiliki perahu khusus untuk mengangkut pasien atau yang disebut AMBULANCE LAUT. Kondisi itu menjadi kendala besar ketika ada warga yang sakit dan membutuhkan pengobatan lanjutan.

Selama ini, warga mengandalkan perahu warga sekitar. Itupun tak menentu adanya, karena perahu tiap harinya dipakai untuk mencari ikan di lautan.

Dari segi ekonomi pun berat, pasien harus mengeluarkan biaya sewa perahu dan supir. “Belum lagi biaya operasional untuk bensin. Kondisi seperti ini sangat berat bagi warga terutama sakit,” ungkap Sisyanto.

Pernah ketika ada pasien dhuafa yang mau berobat ke rumah sakit, namun karena tak ada biaya untuk sewa perahu, pasien pun tak berangkat dan akhirnya meninggal.

“Pernah ada yang sampai melahirkan di perahu ketika perjalanan ke rumah sakit. Ada juga yang berobat ke rumah sakit, tapi malah tambah sakit, karena perahu yang tidak layak,” kata Sariman Efendi, Ketua RW setempat.

Kampung Laut, Cilacap adalah satu dari banyak kampung di pesisir pantai yang membutuhkan bantuan, terutama bantuan kesehatan berupa alat transportasi seperti AMBULANCE LAUT.

Ini termasuk darurat bantuan, sebab urusan kesehatan tidak bisa ditunda-tunda dan perlu ditindak secepatnya.

#OrangBaik, mari kita bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan AMBULANCE LAUT guna memenuhi kebutuhan kesehatan mereka dalam kesehariannya. Yuk, patungan mewujudkannya, dengan cara:

  1. Klik tombol “Donasi Sekarang
  2. Isi nominasi donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran (Gopay, OVO, Dana, Link Aja, ATM Transfer, Virtual Account, Kartu Kredit, Kartu Debit, Akulaku)
  4. Silahkan ikuti intruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Tidak hanya berdonasi, #OrangBaik juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.