Hampir Punah, Yuk Bantu Lestarikan Elang Jawa

Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) Red List, elang jawa ditetapkan sebagai hewan endangered atau terancam punah.

Burung Elang Jawa adalah spesies endemik yang hanya terdapat di sepanjang  pulau Jawa. Elang Jawa merupakan wujud asli dari lambang Garuda. Berdasarkan Keppres no 4 Tahun 1993, Elang jawa diangkat menjadi salah satu Satwa Nasional kebanggaan tanah air.

9973de39-9c34-430e-b0c8-2b6e99d686a7.jpg

Sayangnya di Jawa burung yang memiliki nama latin Nisaetus Bartelsi ini jumlahnya diperkirakan sekitar 300 ekor saja.

Menurut buku Panduan identifikasi Elang jawa Spizaetus bartelsi, Elang Jawa terhitung cukup jarang bertelur. Burung ini bertelur 1-2 butir dalam setahun. Telur berjumlah satu butir, yang dierami selama kurang-lebih 47 hari. Masa bertelur tercatat mulai bulan Januari hingga Juni. Tak heran jika Elang jawa ini jumlahnya sedikit dan bahkan sekarang terancam punah..

8dbb4f18-402a-4bc5-8767-f3590c8582e0.jpg

Sumber: Republika.co.id

Seiring pembangunan pesat yang terjadi di Pulau Jawa, kini spesies endemik itu terancam punah. Banyak pemburu liar yang tak bertanggung jawab menculik anak Elang Jawa yang masih kecil dan belum bisa terbang dari sangkarnya.

Selain itu, kawasan hutan yang kian menyempit dan sifat biologis hewan yang hanya bertelur dua tahun sekali juga memicu kelambatan perkembangbiakan Elang jawa.

3b98a217-e6f7-45d0-8515-a937424ab36b.jpg

Oleh karena itu, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus Filantra mengajak teman-teman semua untuk ikut melestarikan satwa endemik bangsa Lambang Negara Indonesia.

Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk upaya konservasi pelestarian spesies Elang jawa yang ditangani langsung oleh Taman Safari Indonesia (TSI) sebagai mitra kerja Filantra melalui aktivitas konservasi berupa:

– Pengembanganbiakan elang jawa 

– Pengadaan sarana dan prasarana pengembangbiakan elang jawa

Belum terlambat untuk kita menyelamatkan mereka, dengan niat baik dan uluran tanganmu bersama kita bisa selamatkan populasi Elang Jawa.

Yuk lestarikan Elang Jawa dengan DONASI SEKARANG.