Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Hasna & Husna

Bantu Post – Hasna dan Husna, merupakan sepasang bayu kembar yang terlahir dengan perut menempel. Dimana mereka berdua sebentar lagi harus menjalani operasi pemisahan, karena mereka berdua hanya mempunyai 1 hati.

Waktu berjalan dengan cepat, tidak terasa sebulan lagi bu Oom akan melahirkan. Tetapi kekhawatiran bu Oom dan pak Tia mulai muncul saat melihat ekspresi dokter yang sedang memandang layar USG. Dokter akhirnya berbicara, dan mengatakan kalau bayi bu Oom kembar siam tetapi memiliki kondisi perut yang menempel.

Waktu yang telah ditetapkan akhirnya datang juga, bu Oom tidak kuasa menahan tangis saat melihat Hasna dan Husna yang keluar dari rahimny. Begitu bahagianya bu Oom karena Hasna dan Husna dapat lahir dengan selamat, tetapi sedihnya juga tak tertahan saat melihat perut Hasna dan Husna yang menempel serta hanya memiliki 1 hati.

Dokter mengatakan bahwa Hasna dan Husna akan melakukan operasi pemisahan ketika usia mereka sudah menginjak 6 bulan. Operasi pemisahan hati dan pembuluh darah yang terhubung, merupakan sebuah operasi yang sangat besar dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Sekarang Hasna dan Husna harus menunggu sampai usia mereka mencukupi untuk dilakukan operasi. Hasna dan Husan juga tidak bisa mendapatkan ASI dikarenakan kondisin mereka dan sekarang hanya bisa menyusu lewat botol.

Bu oom juga tidak dapat mengurus Hasna dan Husna seorang diri sehari-harinya. Butuh paling tidak 2 orang untuk memandikan Hasna dan Husna. Setiap 2 jam sekali, Hasna dan Husna juga harus selalu berganti posisi supaya tubuh mereka tidak kaku, dan supaya satu kaki dan tangan mereka juga tidak terus tertindih oleh tubuh mereka sendiri. Supaya kelak Hasna dan Husna tidak menderita kelainan pertumbuhan otot dan tulang.

Pada waktu yang bersamaan, upah pak Tia yang bekerja sebagai salah satu admin logistik di sebuah pabrik pemotongan ayam tidak dapat mencukupi, apalagi secara khusus saat wabah pandemi Covid-19 saat ini. Kerja keras pak Tia saat ini hanya diupahi 100 ribu per harinya dan karena tidak ada pesanan setiap harinya yang masuk, maka tidak setiap hari juga pak Tia dapat bekerja.

Memiliki penghasilan yang terbatas tersebut, pak Tia membutuhkan waktu selama 41 tahun untuk dapat mengumpulkan lembaran 100 ribu supaya cukup melakukan operasi pada bayi kembar mereka. Untuk waktu selama 41 tahun yang harus dihabiskan oleh Hasna dan Husna dengan perut yang menempel dan 1 hati, Hasna dan Husna tidak dapat menunggu selama itu.

Hasna dan Husna selalu memenuhi pikiran pak Tia walaupun beliau sedang bekerja. Ingin rasanya pak Tia berada di rumah dan membantu bu Oom mengurusi buah hati kembar mereka. Tetapi jika pak Tia tidak bekerja setiap harinya, mau berapa tahun lamanya untuk pak Tia dapat mengumpulkan uang untuk melakukan operasi Hasna dan Husna.

#OrangBaik, setiap orang tua selalu berdoa dan mengongonkan supaya anak mereka dapat tumbuh dengan sehat. Bagitu juga dengan bu Oom dan pak Tia, yang tidak hentinya memberikan cinta dan harapan serta doa kepada Hasna dan Husna. Walaupun tidak punya waktu untuk beristirahat, tetapi hidup mereka tidak akan berarti tanpa Hasna dan Husna. Mari #OrangBaik bersama kita membantu supaya Hasna dan Husna dapat menjalani operasi dengan cara:

1. Klik “Donasi Sekarang
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Mandiri/Kartu Kredit)

Tidak hanya mendoakan dan berdonasi, #OrangBaik juga dapat membagikan halaman galang dana ini supaya semakin banyak yang turut menemani perjuangan bu Oom dan pak Tia untuk operaso Hasna dan Husna.

Terima kasih #OrangBaik!