Saraf Mata Axel Lepas! Lalu Divonis Hernia Akut

“Dek.. Walau sekarang mata kamu udah nggak bisa lihat, saraf mata lepas, lahir prematur, dan nahan sakit karena hernia, semoga kamu bisa ngerasain ini ibu dan bapak ya yang sayangnya nggak terhingga.. Kami selalu ada di samping Axel supaya adek sembuh dan sehat, lalu kita pulang ke Padang.” – resnaldi (27 tahun, ayah Axel)

c362d9b2-4d94-4b62-84bd-7b25591f420c.jpg

Axel lahir prematur usia 24 minggu dengan berat tidak sampai 1 kg. Awalnya ia didiagnosa hernia ingualis karena sering rewel dan mengalami pembengkakan pada kemaluan.

Setelah pemeriksaan, Axel dirawat lebih dari 2 bulan di NICU dengan ventilator, CPAP, oksigen, dan alat bantu lain. Axel kemudian didiagnosa Retinopathy of Premature (ROP) atau saraf matanya lepas. Penyakit ini timbul karena pembuluh darah tumbuh secara abnormal dan menyebar di seluruh retina.

edbfdfbc-5b00-4ae3-be86-7d77edfc17e5.jpg

Berkali-kali cek, Axel tetap didiagnosa ROP yang sudah darurat. Ia disarankan dokter di Padang untuk berobat ke Jakarta. Menurut dokter, Axel sudah tidak ada harapan untuk melihat.

23b133b1-48a0-4c13-899c-624676ff687f.jpg

Karena keterbatasan biaya, Axel dan keluarga menunda pengobatan di Jakarta. Padahal kondisi Axel sudah membahayakan matanya dan butuh penanganan segera. Mereka baru bisa berangkat saat menjual berbagai barang seadanya, meninggalkan rumah kontrakan yang baru ditempati 2 bulan, dan pinjam uang ke sana-ke mari.

bf857da1-e1d1-4f12-b318-989e24087941.jpg

Terlambat mendapat tindakan, mata kiri Axel mengalami ROP stadium 5 final atau buta total. Sedangkan mata kanannya mengalami ROP Stage 4a atau saraf sudah lepas sebagian. Kini, Axel juga mengalami hernia.

Axel harus segera retcam dan dilaser serta melakukan beberapa operasi lanjutan.

Selama di Jakarta, Axel dan keluarga tinggal di rumah singgah. Ayahnya yang seorang buruh dengan penghasilan Rp60.000 per hari dan ibu tidak bekerja bukan jadi halangan berjuang untuk kesembuhan Axel.

Setiap bulan ayah dan ibu Axel mesti siap uang lebih dari Rp1.500.000 hanya untuk susu khusus anak prematur. Belum lagi biaya pengobatan lain jangka panjang yang harus mereka siapkan.

“Kami ingin Axel pulih bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya.” – orang tua Axel.

#OrangBaik please do your magic! Bantu kesembuhan Alex lewat donasi dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dan aini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Terima Kasih, #OrangBaik!

Disclaimer:

– Donasi anda tak hanya akan disalurkan untuk dek Axel, tapi juga untuk kepentingan medis (biaya medis pasien lain yang sudah terverifikasi & biaya infrastruktur penunjang kebutuhan medis)

– Tim Kitabisa memiliki kriteria tertentu untuk menentukan ke mana donasi akan disalurkan.

– Semua penyaluran donasi diupdate secara berkala di halaman update campaign penggalangan dana Bisasembuh.