Wakaf Sumur Bantu Warga Sumenep Kekeringan

Bantu Post – Kemarau panjang di bagian timur Pulau Jawa kembali menyebabkan krisis air di Dusun Tana Lesek, Desa Juruan Laok, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep. Desa yang terletak di area perbukitan ini membuat warganya harus menempuh jarak sejauh 3 KM sekali jalan, setiap hari untuk mencapai sumber air.

***

25eaaa64-7066-476e-9e2d-8b6a81d097ba.jpg

Desa Jusurna Laok memiliki jumlah penduduk sejumlah 450 KK dengan mayoritas warga bekerja sebagai petani kecil. Tentu dengan pekerjaan tersebut kondisi perekonomian mereka terbilang cukup sulit.

Desa tersebut hanya memiliki satu sumber air yang berbentuk sumur. Namun karena keterbatasan jumlah airnya, maka mereka harus antri setiap pagi sebelum subuh dan sore setelah ashar agar mendapatkan air demikebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, berwudhu, memasak, dan sebagainya.

Posisi sumber airnya terletak di tengah hutan dengan medan jalan setapak. Jadi warga hanya bisa berjalan kaki sambil memanggul ember di pundaknya. Pria, wanita, lansia, muda, anak-anak, semua harus melakukannya jika mereka ingin mendapatkan air

f52f5da1-7c48-4f31-8656-5f1536c79b0e.jpg

Di musim kekeringan ini, warga pun terpaksa membatasi penggunaan air karena jumlah sumber air tersebut berkurang. Sehingga banyak warga yang jarang mandi bahkan jarang mencuci baju. Hal ini berdampak pada kebersihan dan kesehatan warga desa yang menjadi lebih buruk.

Warga berharap adanya bantuan berupa program pipanisasi air bersih untuk masyarakat Desa Juruan Laok dan sekitarnya, guna membantu memenuhi kebutuhan air bersih untuk kehidupan sehari-hari mereka, terutama untuk kesehatan mereka.

“Potensi sumber air yang ada di Desa Juruan Laok saat ini belum dimanfaatkan secara optimal, hal ini karena keterbatasan dana dan ada beberapa titik sumber air yang berada di pinggir pemukiman. Penduduk Dusun Tana Lesek, Desa Juruan Laok saat ini kondisinya masih sangat sederhana sekali.” kata Suharina, tokoh masyarakat di Desa Juruan Laok.

Sahabat, mari kita bantu warga di Desa Juruan Laok yang terdampak krisis air. Bersama-sama melalui program pipanisasi kami akan membangun saluran air agar mereka lebih mudah mendapatkan air bersih.

Kamu dapat mewujudkan program Pipanisasi dan membantu mereka dengan cara berdonasi:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih Metode Pembayaran GO-PAY, Jenius Pay, LinkAja, DANA, BNI/Mandiri/BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer Bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera
  4. Lanjutkan pembayaran dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan
  5. Bagikan informasi ini ke media sosial Anda