Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah
Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah

Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah

Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah

A. mengenalkan batas batas laut Indonesia kepada nelayan
B.meningkatkan kualitas sdm oleh pemerintah
C. memberikan kebebasan kepada Kapal asing
D.memberi bantuan untuk nelayan miskin

Jawababn

Hal yang bukan termasuk upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah D. memberikan kebebasan kepada kapal asing.

Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan dan dikenal dengan sebutan Negara maritim, hal ini dikarenakan kondisi negaran Indonesia yang memiliki lautan yang sangat luas dan membentang dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu perlu sebuah upaya untuk meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia. Menurut pernyataan soal tersebut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim adalah memberikan kebebasan kepada kapal asing(C).

Pembahasan

Ekonomi maritim merupakan suatu bentuk kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan, industri galangan kapal dan perawatannya, serta industri dan jasa yang terkait. Lalu tujuan dari adanya pengembangan ekonomi maritim adalah sebagai perwujudan dari suatu usaha memeratakan pembangunan nasional, untuk terwujudnya cita-cita Negara ini. Adapun Kondisi ekonomi maritim di Indonesia saat ini menjadi semakin berkembang, hal ini terbukti bahwa Negara Indonesia saat ini telah mempunyai beberapa pelabuhan yang cukup baik, akan tetapi untuk pelayanannya masih harus untuk terus ditingkatkan terutama dalam masalah infrastuktur dan fasilitas yang mana terkait dengan kegiatan di pelabuhan dan galangan kapal.

Berikut ini ada beberapa upaya untuk meningkatkan ekonom mariim yang ada di negara Indonesia 

Perlu adanya perubahan terkait pembangunan nasional dari basis daratan menjadi pembangunan yang berbasis kelautan. Pembangunan ini memiliki peranan yang besar terhadap titik focus yang dituju yang mana titik tersebut adalah lautan.
Percepatan pembangunan pada infrastruktur maritim dan ketersambungan maritim.infastuktur memiliki peranan yang sangat penting terhadap aktivitas maritim, misalnya dengan adanya pelabuhan membuat akan banyaknya kapal yang berlabuh pada tempat tersebut.
Sangat diperlukan penegakan aturan maritim yang jelas dan tegas pada semua pihak baik itu dalam negeri maupun luar negeri.
Meningkatkan SDM nelayan oleh pemerintah, sumber daya manusia menjadi dasar yang sangat penting untuk mencapai kesejaheraan dalam mengelola kekayaan maritim.

Check Also

Cara Investasi Properti, Pengertian dan Tips Berinvestasi Properti

Cara Investasi Properti, Pengertian dan Tips Berinvestasi Properti

Cara Investasi Properti-Properti merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan, terutama di Indonesia. Namun, …