jika bilangan negatif dikurang dengan bilangan negatif maka hasiknya negatif atau positif?, dan jika negatif ditambah negatif hasilnya positif atau negatif?, jika bilangan positif dikurang negatif sama dengan?, dan jika positif ditambah negatif hasilnya negatif juga atau positif,

jika bilangan negatif dikurang dengan bilangan negatif maka hasiknya negatif atau positif?, dan jika negatif ditambah negatif hasilnya positif atau negatif?, jika bilangan positif dikurang negatif sama dengan?, dan jika positif ditambah negatif hasilnya negatif juga atau positif,

Jawaban

Pembahasan:

1. Jika bilangan negatif dikurang dengan bilangan negatif maka hasilnya negatif atau positif?

Hasilnya bisa positif atau negatif, tergantung bilangan negatif yang dikurangi lebih kecil, lebih besar atau sama dengan bilangan negatif pengurang.

Hal ini karena pengurangan oleh bilangan negatif sama saja dengan penambahan oleh bilangan positif.

Bila bilangan negatif yang dikurangi lebih kecil dari bilangan negatif yang mengurangi maka hasilnya akan tetap bilangan negatif.

Contoh: -5 – (-2) = -5 + 2 = -3

Bila bilangan negatif yang dikurangi sama dengan bilangan negatif yang mengurangi maka hasilnya akan adalah nol.

Contoh: -5 – (-5) = -5 + 5 = 0

Bila bilangan negatif yang dikurangi lebih besar dari bilangan negatif yang mengurangi maka hasilnya akan menjadi bilangan positif.

Contoh: -5 – (-15) = -5 + 15 = 10

2. Jika negatif ditambah negatif hasilnya positif atau negatif?

Bilangan negatif yang ditambah dengan bilangan negatif hasilnya pasti akan menjadi bilangan negatif pula. Ini tidak tergantung besar kecilnya bilangan yang dikurangi atau mengurangi.

Contoh: -5 + (-5) = -5 – 5 = -10
-5 + (-2) = -5 – 2 = -7

3. Jika bilangan positif dikurang negatif sama dengan?

Bilangan positif yang dikurangi dengan bilangan negatif hasilnya pasti akan menjadi bilangan negatif pula. Ini tidak tergantung besar kecilnya bilangan yang dikurangi atau mengurangi. Ini karena pengurangan dengan bilangan negatif sama saja dengan penambahan denagn bilangan positif.

Contoh: 2 – (-5) = 2 + 5 = 7
5 – (-2) = 5 + 2 = 7

4. Jika positif ditambah negatif hasilnya negatif juga atau positif?

Hasilnya bisa positif atau negatif, tergantung bilangan positif yang ditambah apakah lebih kecil, lebih besar atau sama dengan nilai mutlak dari bilangan negatif yang ditambahkan.

Hal ini karena penambahan oleh bilangan negatif sama saja dengan pengurangan oleh bilangan positif.

Bila bilangan positif lebih besar dari nilai mutlak bilangan negatif yang ditambahkan maka hasilnya akan tetap bilangan positif.

Contoh: 5 + (-2) = 5 – 2 = 3

Bila bilangan positif sama dengan nilai mutlak bilangan negatif yang ditambahkan maka hasilnya akan adalah nol.

Contoh: 5 + (-5) = 5 – 5 = 0

Bila bilangan positif lebih kecil dari nilai mutlak bilangan negatif yang ditambahkan maka hasilnya akan menjadi bilangan negatif.

Contoh: 5 + (-15) = 5 – 15 = 10

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top