Jika proses regionalisasi dilajukan melalui pemanfaatan data curah hujan, temperatur, dan kelembapan udara maka region yang terbentuk merupakan

Jika proses regionalisasi dilajukan melalui pemanfaatan data curah hujan, temperatur, dan kelembapan udara maka region yang terbentuk merupakan

JIka proses regionalisasi dilakukan melalui pemanfaatan data curah hujan, temperatur, dan kelembaban udara, maka region yang terbentuk merupakan..

Wilayah berdimensi gabungan (Combined Topic Region)

Pembahasan

Wilayah (region) merupakan suatu bagian dari permukaan bumi yang memiliki karakteristik tertentu, khas dan khusus yang menggambarkan satu keseragaman atau homogenitas sehingga masing – masing wilayah dapat dibedakan dengan wilayah – wilayah lain di sekitarnya.

Penggolongan wilayah berdasarkan kategorinya dibagi menjadi lima, yaitu :

1. Wilayah berdimensi tunggal (single topic region). Merupakan wilayah yang keberadaannya hanya didasarkan oleh satu macam variabel (peubah) saja. Contohnya adalah wilayah dengan curah hujan yang sama, yang dalam peta digambarkan dengan peta isohyet.

2. Wilayah berdimensi gabungan (combined topic region). Merupakan wialayah yang keberadaannya didasarkan oleh beberapa macam variabel, sehingga memiliki cakupan analisis yang lebih rinci. Contohnya adalah wilayah iklim yang terdiri dari variabel curah ujan, temperatur udara dan kelembaban udara.

3. Wilayah Multi Dimensi (Multiple Topic Region). Merupakan suatu wilayah yang keberadaanya berdasarkan pada beberapa dimensi yang berbeda, akan tetapi mengarah pada tujuan analisis yang sama. Contohnya adalah wilayah ekonomi (economic region) yang analisisnya tidak hanya didasarkan oleh faktor – faktor ekonomi saja, akan tetapi juga memerlukan keterkaitan dengan faktor – faktor non ekonomi.

4. Wilayah berdimensi total (Total Region). Merupakan suatu wilayah yang memiliki semua unsur wilayahnya, biasanya berlandaskan pada kesatuan politik atau wilayah administratif.

5. Wilayah Compage (Compage Region). Merupakan wilayah yang bukan mempertimbangkan banyak atau sedikitnya variabel yang terkandung, melainkan lebih menonjolkan aktivitas atau kegiatan manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top