Friday , September 22 2023
Cara Buat Lulur Sendiri di Rumah untuk Kulit Halus

Panduan Mudah Cara Buat Lulur Sendiri di Rumah untuk Kulit Halus

Spread the love

Panduan Mudah Cara Buat Lulur Sendiri di Rumah untuk Kulit Halus-Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang halus dan bersinar, lulur bisa menjadi solusi yang tepat. Lulur merupakan salah satu perawatan kecantikan yang berasal dari Indonesia dan telah digunakan selama berabad-abad. Saat ini, lulur telah menjadi tren di seluruh dunia dan banyak orang ingin mencobanya.

Namun, pembelian lulur di salon atau pusat kecantikan dapat menjadi mahal dan sulit untuk diakses. Oleh karena itu, membuat lulur sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang lebih mudah dan efektif. Dalam panduan ini, kami akan memberikan petunjuk lengkap tentang cara membuat lulur di rumah untuk kulit yang halus dan bersinar.

Bukan hanya hemat biaya, membuat lulur sendiri memiliki banyak manfaat tambahan. Anda dapat menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selain itu, Anda juga dapat memastikan bahwa lulur yang Anda buat benar-benar alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat lulur di rumah untuk kulit yang halus dan bersinar.

Manfaat Lulur untuk Kulit

Lulur bukan hanya memberikan sensasi relaksasi dan keharuman yang menyenangkan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari penggunaan lulur secara teratur:

Manfaat Keterangan
Exfoliasi Lulur membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit. Proses ini sangat penting untuk menjaga kulit agar terlihat lebih cerah dan halus.
Memperbaiki sirkulasi darah Dalam proses pemijatan lulur pada kulit, terdapat pijatan yang berirama dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh serta membantu mengurangi rasa pegal atau pegal-pegal.
Melembabkan Kulit Lulur juga dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Terutama bagi orang yang memiliki kulit kering, lulur adalah cara yang efektif untuk menjaga kelembaban alami kulit.
Membantu Mengurangi Jerawat Lulur juga bisa membantu mengurangi risiko terbentuknya jerawat di wajah. Beberapa jenis lulur mengandung bahan yang memiliki sifat antimikroba atau anti-inflamasi, sehingga bisa mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Manfaat Lulur untuk Kulit yang Juga Perlu Anda Ketahui

Selain manfaat yang telah disebutkan, lulur juga bisa membantu mengurangi bekas luka, menghilangkan selulit, serta menjaga kulit agar tetap awet muda dan sehat. Dengan memilih lulur yang tepat dan menggunakan teknik aplikasi yang benar, Anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan kulit Anda.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat lulur sendiri di rumah, Anda membutuhkan beberapa bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Fungsi
Beras Mengangkat sel-sel kulit mati, melembutkan kulit
Kunyit Memperbaiki tekstur kulit, mengurangi peradangan, memerangi jerawat
Madu Melembapkan dan menenangkan kulit, mengurangi peradangan
Sari buah lemon/jeruk nipis Mencerahkan kulit, menghaluskan, membantu menyamarkan noda bekas jerawat
Susu kental manis Melembapkan dan menutrisi kulit, membuat kulit lebih lembut
Minyak zaitun Menghidrasi dan menenangkan kulit kering, membantu menyamarkan garis halus
Minyak kelapa Menghidrasi kulit dan membantu menyamarkan noda bekas jerawat
Garam laut Mengeksfoliasi kulit, membersihkan pori-pori
Minyak atsiri dari lavender, peppermint, rosemary, dll. Meningkatkan khasiat lulur, memberikan efek aromaterapi, menenangkan, menyegarkan

Anda dapat mengombinasikan bahan-bahan ini sesuai dengan tujuan menggunakannya untuk mendapatkan lulur yang pas untuk kebutuhan kulit Anda.

Resep Lulur Tradisional

Berikut adalah resep lulur tradisional yang telah digunakan oleh nenek moyang kita sejak lama:

Bahan-Bahan Jumlah
Kunyit 1-2 rimpang
Ketumbar 1 sendok makan
Rempah-rempah lain seperti pala, kayu manis, atau cabai secukupnya
Beras ketan 1-2 sendok makan
✔️ READ  Alat yang Dibutuhkan untuk Sadap WhatsApp

Campurkan kunyit, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya dalam wadah dan haluskan hingga menjadi bubuk. Tambahkan beras ketan dan aduk hingga merata.

Saat akan menggunakannya, tambahkan air atau susu secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan lulur pada seluruh tubuh secara merata dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Tips Aplikasi Lulur Tradisional

  • Sediakan handuk lembut dan air hangat sebelum memulai penggunaan lulur.
  • Gosokkan lulur dengan lembut pada seluruh tubuh, menghindari area sensitif seperti wajah dan leher.
  • Pijat tubuh dengan gerakan melingkar dari bawah ke atas untuk meningkatkan sirkulasi darah.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Jika Anda memiliki kulit kering, tambahkan sedikit minyak zaitun atau madu ke dalam lulur untuk memberikan kelembapan ekstra.

Lulur Buatan Sendiri untuk Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan perawatan khusus untuk menjaganya agar tetap lembut dan sehat. Berikut ini adalah resep lulur buatan sendiri yang menggunakan bahan-bahan alami dan cocok untuk kulit kering.

Bahan-bahan: Manfaat:
2 sendok makan oatmeal Membantu mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit
1 sendok makan madu Membantu melembapkan dan menutrisi kulit
1 sendok makan minyak zaitun Membantu melembapkan dan menenangkan kulit
1 sendok makan susu bubuk Memberikan nutrisi tambahan untuk kulit

Langkah-langkah:

  1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk hingga membentuk pasta yang halus
  2. Oleskan lulur ke seluruh tubuh dan pijat perlahan selama beberapa menit
  3. Biarkan lulur selama 10-15 menit
  4. Bilas tubuh secara menyeluruh dengan air hangat

Pastikan untuk menggunakan air hangat, bukan air panas, saat membilas lulur dari tubuh Anda. Setelah mandi, gunakan pelembap yang kaya untuk menjaga kelembapan kulit.

Dengan menggunakan lulur buatan sendiri, Anda bisa mendapatkan perawatan kulit yang aman, alami, dan efektif untuk kulit kering Anda.

Lulur Segar untuk Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, lulur bisa menjadi solusi untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori yang cenderung lebih besar. Berikut adalah resep lulur alami yang bisa dibuat sendiri di rumah:

Bahan-Bahan: Manfaat:
1/4 cangkir daun mint segar Mengandung menthol yang membantu menyeimbangkan minyak pada kulit
1/4 cangkir yogurt plain Mengandung asam laktat yang membantu membersihkan kulit dan eksfoliasi alami
1/4 cangkir garam laut Mengandung mineral yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak pada kulit
1 sendok makan minyak zaitun Mengandung antioksidan yang membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada kulit

Cara membuat lulur segar untuk kulit berminyak:

  1. Cincang halus daun mint segar menggunakan blender atau pisau.
  2. Campurkan daun mint yang sudah dihaluskan dengan yogurt plain, garam laut, dan minyak zaitun.
  3. Aduk hingga rata.
  4. Aplikasikan lulur ke seluruh tubuh atau area yang diinginkan.
  5. Pijat secara lembut dengan gerakan melingkar dan biarkan lulur mengering pada kulit selama 10-15 menit.
  6. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan lulur segar untuk kulit berminyak ini 1-2 kali seminggu. Pastikan untuk tidak menggunakan lulur terlalu sering, karena bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Lulur Pencerah untuk Kulit Kusam

Banyak orang mengalami kulit kusam akibat paparan sinar matahari, polusi, kurang tidur, atau faktor usia. Salah satu cara alami dan efektif untuk mencerahkan kulit kusam adalah menggunakan lulur homemade. Berikut adalah resep lulur pencerah yang mudah dibuat di rumah:

Bahan-Bahan Jumlah
Kunyit bubuk 2 sendok makan
Tepung beras 4 sendok makan
Madu 1 sendok makan
Susu 3 sendok makan

Campurkan semua bahan dalam mangkuk hingga tercampur rata. Oleskan lulur pada seluruh tubuh kecuali bagian wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

Perlu diingat, kunyit dapat meninggalkan warna kuning di kulit dan baju. Gunakan lulur ini di area yang tidak terlalu terlihat jika Anda khawatir dengan hal ini.

Catatan Penting:

  1. Simpan sisa lulur di dalam wadah kedap udara di kulkas selama maksimal 1 minggu.
  2. Jangan menggunakan lulur ini jika Anda alergi terhadap salah satu bahan yang ada di dalamnya.
  3. Gunakan sunblock setelah menggunakan lulur untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Tips Aplikasi Lulur yang Tepat

Agar lulur yang Anda buat dapat memberikan manfaat maksimal untuk kulit, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat mengaplikasikan lulur di tubuh:

  • Bersihkan tubuh terlebih dahulu. Pastikan kulit Anda bersih dan kering sebelum mengaplikasikan lulur. Mandi atau bilas tubuh Anda terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk.
  • Berikan pijatan lembut. Saat mengaplikasikan lulur, berikan pijatan lembut pada kulit untuk membantu lulur menyerap dan meresap ke dalam pori-pori kulit. Pijat secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Jangan gunakan terlalu sering. Meskipun lulur dapat memberikan manfaat besar untuk kulit, Anda sebaiknya tidak menggunakannya terlalu sering. Gunakan lulur hanya satu atau dua kali seminggu untuk mencegah iritasi kulit.
  • Bilas dengan air hangat. Setelah mengaplikasikan lulur, bilas tubuh Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Jangan gunakan sabun atau produk pembersih lainnya setelah mengaplikasikan lulur.
  • Pakai pelembap setelahnya. Setelah mengaplikasikan lulur, gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan memberikan nutrisi tambahan.
✔️ READ  Cara Buat Mie Gomak Goreng: Resep Sederhana untuk Lezatnya!

Dengan mengikuti tips-tips di atas, lulur yang Anda buat di rumah dapat memberikan manfaat yang optimal untuk kulit Anda. Namun, jika Anda merasa kulit Anda mengalami iritasi atau reaksi yang tidak diinginkan setelah mengaplikasikan lulur, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Perawatan Lanjutan Setelah Menggunakan Lulur

Setelah menggunakan lulur, jangan langsung mengenakan pakaian atau mandi. Biarkan lulur terlebih dahulu mengering dan meresap pada kulit sekitar 15-30 menit.

Jangan gunakan air panas setelah menggunakan lulur. Gunakan air hangat atau suhu ruangan untuk membilasnya. Terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengurangi efektivitas lulur.

Setelah membilas, keringkan tubuh dengan handuk lembut, dan jangan menggosok kulit terlalu keras. Hindari juga penggunaan scrub atau sabun dengan kandungan bahan kimia yang keras.

Selama beberapa hari setelah menggunakan lulur, hindari mengenakan pakaian ketat atau bahan sintetis yang dapat mengiritasi kulit. Pakailah pakaian longgar dan bernapas, serta hindari penggunaan produk skincare yang mengandung bahan kimia keras.

Setelah menggunakan lulur, sebaiknya menghindari sinar matahari langsung selama beberapa jam. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar UV secara langsung.

Lulur Alami untuk Kulit Sensitif

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, mencari produk perawatan kulit yang cocok tidaklah selalu mudah. Namun, dengan membuat lulur sendiri di rumah, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang lebih lembut dan ramah kulit.

Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat lulur alami untuk kulit sensitif:

Bahan Jumlah
Almond bubuk 1 sendok makan
Powdered oats 1 sendok makan
Madu alami 1 sendok makan
Minyak kelapa (cair) 1 sendok makan

Penting: Pastikan bahan-bahan yang Anda gunakan tidak memicu reaksi kulit. Jika merasa ragu, lakukan uji sensitivitas terlebih dahulu pada area kulit kecil sebelum mengaplikasikan lulur.

Cara Membuat

  1. Campurkan bubuk almond dan oats dalam mangkuk.
  2. Tambahkan madu alami ke dalam campuran bubuk. Aduk sampai merata.
  3. Tambahkan minyak kelapa cair dan aduk kembali sampai semuanya tercampur dengan baik.
  4. Gunakan dalam cara yang sama seperti lulur lainnya. Aplikasikan ke seluruh tubuh Anda, pijat secara lembut, lalu bilas dengan air hangat.

Dengan menggunakan lulur alami yang lembut ini, kulit sensitif Anda akan tetap terjaga kelembapannya dan tetap terhindar dari iritasi.

Cara Membuat Lulur Mandi

Siapa bilang lulur hanya bisa digunakan saat mandi di spa atau tempat pijat? Kamu juga bisa menciptakan pengalaman spa yang serupa di kenyamanan rumah sendiri, dengan membuat lulur mandi homemade yang alami dan menyegarkan. Berikut adalah resep mudah untuk lulur mandi yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Bahan Jumlah
Garam laut 1 cangkir
Jus lemon 1 buah
Minyak kelapa 2 sendok makan
Essential oil (misalnya lavender atau peppermint) Beberapa tetes

Langkah-langkah:

  1. Siapkan bak mandi yang bersih dan kosong, dan isi dengan air hangat hingga setengah atau tiga perempat penuh.
  2. Tambahkan garam laut ke dalam air, aduk hingga larut sempurna.
  3. Peras jus lemon segar ke dalam bak mandi, dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Tuang minyak kelapa ke dalam bak mandi, dan aduk hingga tercampur rata dengan air.
  5. Teteskan beberapa tetes essential oil ke dalam air, sesuai dengan aroma yang kamu sukai.
  6. Siapkan handuk, dan rendam ke dalam air lulur.
  7. Setelah merendam selama beberapa menit, gosok tubuhmu dengan handuk untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah.
  8. Bilas tubuhmu dengan air bersih, dan rasakan kulitmu yang halus dan segar!

Lulur mandi homemade ini terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia atau pengawet berbahaya yang dapat merusak kulitmu. Selain itu, lulur mandi juga bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan moodmu. Nikmati pengalaman spa yang menyenangkan dan bermanfaat di rumah sendiri dengan membuat lulur mandi ini.

Membedakan Lulur Asli dan Palsu

Seiring dengan popularitas lulur yang semakin meningkat, penjualan produk lulur palsu juga semakin marak. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk mengetahui cara membedakan lulur asli dan palsu agar tidak tertipu. Berikut adalah beberapa ciri-ciri lulur asli yang dapat dijadikan acuan:

Ciri-Ciri Lulur Asli Ciri-Ciri Lulur Palsu
Memiliki kemasan yang rapi dan berkualitas baik, dengan informasi lengkap mengenai bahan-bahan dan aturan penggunaan Memiliki kemasan yang asal-asalan, dengan informasi yang kurang jelas dan tidak lengkap
Memiliki aroma yang khas dan alami dari bahan-bahan herbal dan rempah-rempah Memiliki aroma yang kuat dan tidak alami, atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali
Bahan-bahan yang terkandung dalam lulur asli biasanya berasal dari alam dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya Bahan-bahan yang terkandung dalam lulur palsu tidak jelas asal-usulnya, dan bisa jadi mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit
✔️ READ  Cara Buat Sapo Tahu yang Lezat dan Mudah untuk Dicoba!

Jika Anda ragu dengan keaslian produk lulur yang akan dibeli, sebaiknya membeli dari toko atau penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Namun, Anda juga bisa membuat lulur sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan berkualitas. Selain lebih hemat, membuat lulur sendiri juga bisa memberikan kepuasan tersendiri dalam merawat diri dan kulit.

Penyimpanan dan Umur Simpan Lulur Buatan Sendiri

Jika Anda ingin membuat lulur sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas dan keamanan produk Anda. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menyimpan dan mengatur umur simpan lulur buatan sendiri:

Tips Penyimpanan Umur Simpan
Simpan di tempat yang sejuk dan kering. Lulur yang terkena kelembaban dapat menggumpal dan hilang khasiatnya. Disarankan untuk menggunakan lulur dalam waktu 1-2 minggu setelah pembuatan. Hindari penggunaan lulur yang sudah kadaluwarsa karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
Gunakan wadah yang bersih dan kedap udara. Hal ini akan membantu mencegah kontaminasi dan menjaga kualitas produk. Catat tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsa lulur. Ini akan membantu Anda mengingat umur simpan lulur dan memastikan kualitasnya sebelum digunakan.
Hindari menyimpan lulur di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sinar UV dapat merusak kualitas bahan-bahan yang digunakan dalam lulur. Periksa lulur secara berkala sebelum digunakan. Jika ada perubahan warna atau aroma, sebaiknya tidak digunakan karena bisa saja produk telah terkontaminasi.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan lulur buatan sendiri tetap aman digunakan dan memberikan manfaat terbaik bagi kulit Anda. Selalu periksa dan jaga kualitas produk sebelum mengaplikasikan ke kulit Anda.

Efek Samping dan Peringatan Penggunaan Lulur

Meskipun lulur memberikan banyak manfaat bagi kulit, pastikan untuk memperhatikan efek samping dan peringatan penggunaannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengaplikasikan lulur pada kulit Anda:

Efek Samping

Beberapa orang mungkin mengalami beberapa efek samping ketika menggunakan lulur pada kulit mereka. Namun, efek samping tersebut biasanya ringan dan hilang dalam waktu singkat. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi:

  • Rasa gatal atau terbakar pada kulit
  • Kulit kemerahan atau iritasi
  • Ruam atau benjolan kecil

Jika Anda mengalami efek samping yang parah atau aneh, segera hentikan penggunaan lulur dan konsultasikan pada dokter atau ahli kecantikan terpercaya.

Peringatan Penggunaan

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan lulur pada kulit Anda:

  • Pastikan untuk menghindari kulit yang terluka, terbakar sinar matahari, atau sedang dalam kondisi peradangan.
  • Jangan menggunakan lulur pada kulit wajah, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap jerawat.
  • Hindari menggosok kulit terlalu keras saat menggunakan lulur, karena hal ini bisa menyebabkan iritasi dan luka pada kulit.
  • Jangan menggunakan lulur terlalu sering, sebaiknya hanya 1-2 kali seminggu agar kulit memiliki waktu untuk pulih dan regenerasi.

Jika Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi setelah menggunakan lulur, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan pada dokter atau ahli kecantikan.

FAQ – Pertanyaan Umum tentang Lulur

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang lulur:

1. Apa itu lulur?

Lulur adalah campuran ramuan alami yang digunakan untuk membersihkan, melembabkan, dan menjaga kesehatan kulit. Ramuan ini umumnya terdiri dari bahan-bahan seperti rempah-rempah, bunga-bungaan, dan minyak esensial yang dicampur dengan bahan pengikat seperti tepung beras dan madu.

2. Apa manfaat menggunakan lulur?

Manfaat menggunakan lulur adalah mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, melembapkan kulit, dan memberikan kilau pada kulit. Selain itu, lulur juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bekas luka, dan kulit kusam.

3. Apakah lulur aman untuk digunakan pada kulit sensistif?

Hal ini tergantung pada jenis lulur yang digunakan dan kondisi kulit seseorang. Sebaiknya, menjalankan tes kepekaan pada daerah kecil kulit sebelum menggunakan lulur secara keseluruhan. Jika terdapat reaksi iritasi atau alergi, segera hentikan penggunaan lulur.

4. Apakah lulur bisa membuat kulit saya lebih kering?

Tidak, lulur tidak akan membuat kulitmu lebih kering. Namun sebaiknya pakai losion atau krim pelembap setelah memakai lulur, untuk menjaga kelembapan dan melembutkan kulitmu.

5. Apa perbedaan antara lulur buatan sendiri dan lulur siap pakai yang tersedia di pasaran?

Lulur buatan sendiri dapat dibuat dengan bahan alami dan tanpa bahan kimia yang merugikan kulit. Sementara lulur siap-pakai yang tersedia di pasaran mungkin mengandung bahan kimia yang mungkin menimbulkan efek samping pada kulitmu. Selain itu, membuat lulur sendiri juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

6. Berapa lama saya bisa menyimpan lulur buatan sendiri?

Lulur buatan sendiri dapat disimpan selama 2-3 hari di dalam kulkas, setelah itu sebaiknya dibuang. Jangan menghindari pembuatan lulur dalam jumlah yang besar jika kamu tidak bisa menggunakan lulur sesuai dengan waktu simpannya.

7. Apakah lulur dapat membuat kulitku lebih cerah?

Banyak resep lulur yang menggunakan bahan-bahan yang diketahui mencerahkan kulit. Namun, hasilnya dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kulitmu. Selain itu, teruslah menggunakan lulur secara teratur agar mendapat hasil yang memuaskan.

8. Berapa sering sebaiknya saya menggunakan lulur?

Gunakan lulur tidak lebih dari dua kali seminggu. Terlalu sering menggunakannya dapat mengiritasi kulitmu dan melembutkan kulit lebih cepat daripada yang diharapkan.

9. Apakah saya harus mandi setelah menggunakan lulur?

Idealnya, setelah menggunakan lulur, kamu sebaiknya mandi atau membersihkan bagian yang telah dibersihkan dengan air bersih. Selain itu, kamu perlu mengaplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan dan melembutkan kulitmu.

Check Also

Cara Membuat Isi Air Ulang Menjadi Segar

Cara Membuat Isi Air Ulang Menjadi Segar, Tips Praktis & Cepat!

Spread the loveCara Membuat Isi Air Ulang Menjadi Segar, Tips Praktis & Cepat!-Tidak dapat dipungkiri …