Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas trikon?

Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas trikon?

Jawaban

Dengan asas trikon dapat memperbaiki proses pembelajaran yang malas, kurangnya pemahaman materi, dan tidak efektif. Penerapan asas trikon sangat berpengaruh dalam pengembangan sistem pendidikan saat ini.

Pembahasan

Agar pendidikan dapat terlaksana dengan baik, maka Ki Hajar Dewantara yang menetapkan asas trikon yaitu; Kontinuitas (Tidak melupakan akar nilai budaya), Konvergeni (Pendidikan harus memanusiakan manusia), dan Konsentris (Pendidikan harus menghargai keberagaman dan memerdekakan murid). Berikut ini adalah penjelas dari tiga hal tersebut:

1. Kontinyu

Artinya pengembangan yang dilakukan harus berkesinambungan, dilakukan secara terus-menerus dengan perencanaan yang baik. Suatu kondisi yang baik tidak mungkin dapat dicapai dalam sekali waktu seperti sebuah sulap. Tahap demi tahap pengembangan dilakukan dengan rencana yang matang.

2. Konvergen

Artinya pengembangan yang dilakukan dapat mengambil dari berbagai sumber di luar, bahkan dari praktik pendidikan di luar negeri. Praktik-praktik tesebut dapat kita pelajari untuk nantinya disesuaikan dengan kebutuhan yang kita miliki sendiri. Saat ini teknologi informasi telah sedemikian canggih sehingga guru atau kepala sekolah dapat mempelajari berbagai kemajuan pendidikan dari mana saja dan kapan saja.

3. Konsentris

Artinya pengembangan pendidikan yang dilakukan harus tetap berdasarkan kepribadian kita sendiri. Tujuan utama pendidikan adalah menuntun tumbuh kembang anak secara maksimal sesuai dengan karakter kebudayaannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.